div style="position: fixed; bottom: 0px; left: 20px;width:120px;height:160px;">
Widget-Animasi

Kamis, 22 November 2012

Materi TIK


Materi TIK kelas XI IPA semester Ganjil
Tata Cara Untuk Koneksi Ke Internet
A.  Mengakses Internet
Secara umum ada dua cara untuk tersambung ke internet, yaitu sambungan perorangan atau satu computer saja, dan sambungan perkantoran yang terdiri dari banyak computer sekaligus. Ada beberapa teknologi sambungan internet yang banyak digunakan di Indonesia.
Untuk sambungan sambungan perorangan, teknologi yang banyak digunakan, yaitu sebagai berikut :
v  Modem dial-up
v  Handphone dengan sambungan GPRS atau 3G
v  WiFi Hotspot terutama di laptop
Untuk sambungan perkantoran, teknologi yang banyak digunakan, yaitu sebagai berikut :
v  Modem ADSL
v  Wireless Internet, seperti WiFi
v  Satelit
Untuk mengakses internet, pastikan media fisik komunikasi sudah tersambung. Cara koneksi internet diantaranya yaitu : Dial-up, ADSL, dan LAN Dedicated.
1.      Dial-up
Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, computer melalui modem melakukan panggilan telepon (dial-up) ke penyelenggara Jasa Internet (ISP). Setelah terhubung maka computer dapat segera mengakses internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon. Media transmisi data yang digunakan adalah kabel telepon biasa dan modem, dengan menggunakan bandwidth maksimal 56Kbps. Kebutuhan untuk terhubung ke internet menggunakan koneksi dial-up.
Kebutuhan untuk terhubung ke internet menggunakan koneksi dial-u, antara lain sebagai berikut:
v  PC/ Notebook
v  Modem dial-up (internet atau eksternal)
v  Line Telepon+kabel data telepon.
v  Registrasi ke ISP
Setelah computer terhubung ke ISP, maka saat itupula computer sudah dapat terhubung ke internet dan kita dapat memulai penjelajahan di internet. Hubungan ke internet hanya terjalin selama mempertahankan koneksi computer ke ISP melalui modem. Begitu kita memutuskan hubungan modem ke ISP maka saat itu pula computer terputus dari internet.
2.      ADSL
Teknologi asymmetric digital subscriber line (ADSL) ini memberikan kecepatan transfer data yang berbeda antara proses pengiriman data (upload) dan penerimaan data (download). Kecepatan penerimaan data lebih cepat dari pada pengiriman data, mengingat lalu lintas data internet khususnya untuk level pengguna akhir lebih banyak mengunduh. Layanan ini memungkinkan untuk mengakses internet dan menggunakan telepon pada saat bersamaan. Besarnya biaya perbulan tergantung dari jumlah kuota pemakaian.
Kebutuhan untuk terhbungan ke internet menggunakan koneksi ADSL, adalah sebagai berikut :
v  PC/ Notebook.           
v  aktivitas ADSL ke Telkom
v  Modem ADSL
v   registrasi ke ISP
v  Line telepon+ kabel data telepon.
3.      LAN Dedicated
Dedicated connection bersifat menetap artinya hubungan ke internet berlangsung selama 24jam sehari, tujuh hati seminggu, dan 365 hati setahun. Jenis koneksi ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau institusi-institusi dengan jumlah karyawan dan computer yang banyak. Jika kebutuhan akses internet sudah sangat besar, maka tidak efesien untuk menghubungkan masing-masing PC ke internet dengan jenis koneksi dial-up. Untuk menekan biaya telekomunikasi pada suatu institusi yang menggunakan jenis koneksi ini, institusi tersebut membuat jaringan computer local (LAN) dilokasinya yang menghubungkan LAN ke internet melalui suatu ISP dengan menggunakan hanya satu buah modem dan saluran telepon sewa (leased line) yang onlineselama 24jam. Semua computer yang terhubung ke LAN institusi tersebut akan memiliki akses internet melalui jalur yang sama. Koneksi internet kecepatan tinggi dimana kecepatan upload dan download sama (simetris). Media yang digunakan : satelit, kabel leased line, dan wireless. 
Satelit
Kabel leased line
Wireless
Biaya pengadaan peralatan tahap awal mahal
Biaya pengadaan peralatan tahap awal murah
Biaya pengadaan peralatan tahap awal murah
Biaya perbulan= biaya sewa alat + biaya satelit + internet
Biaya perbulan = biaya sewa jalur kabel+internet
Biaya perbulan = biaya internet
Kecepatan pengiriman data agak lambat
Kecepatan pengiriman data cepat
Kecepatan pengiriman data cepat karena menggunakan gelombang radio
Jarak jangkauan sangat luas
Tergantung dari jaringan telkom


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar